• home
Home » , , » Khasiat Daun Sirih Merah

Khasiat Daun Sirih Merah

Khasiat Daun Sirih Merah - Daun sirih yang sering kita temui sebenarnya terdiri dari tiga macam varietas, yaitu sirih merah, sirih hijau dan sirih hitam. Daun Sirih merah dan Sirih Hiaju merupakan yang paling banyak khasiatnya untuk pengobatan.

Untuk daun sirih merah, didalamnya banyak terkandung zat yang bersifat antiseptik, anti oksidan dan senyawa lain yang berkhasiat untuk kesehatan seperti : zat tanin, minyak atsiri , polevenolad, alkolid dan kavikol serta senyawa yang dapat mencegah kanker, juga bersifat antiflamasi , antiseptik ,  antideabetik dan antioksidan. 


Salah satu kandungannya yang berupa antiseptik dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan jamur atau bakteri seperti sebaai berikut :

Membersihkan dan Mengencangkan organ kewanitaan
Dengan kandungan antiseptik-nya , daun sirih bisa dimanfaatkan untuk untuk mencuci organ intim kewanitaan, dan hal ini telah digunakan oleh para wanita jaman dulu untuk membersihkan organ intim kewanitaannya setelah melahirkan. Disamping untuk membersihkan , dengan menggunakan daun sirih , organ intim kewanitaan dapat kembali kencang setelah melahirkan serta dapat mencegah kekeringan serta dapat  mengatasi bau tidak sedap dan keputihan pada organ kewanitaan tersebut.

Untuk membersihkan organ intim kewanitaan ini, caranya adalah dengan merebus 5 - 10 lembar daun sirih merah dan kemudian air rebusan tersebut didinginkan terlebih dahulu untuk kemdian digunakan sebagai air pembilas pada organ intim kewanitaan.

Menghilangkan bau badan dan bau mulut
Untuk menghilangkan bau badan , rebus 2 atau 3 lembar daun sirih dengan segelas air hingga mendidih. Tambahkan gula secukupnya , setelah cukup dingin, minumlah secara rutin satu kali setiap hari. Selain menghilangkan bau badan , rebusan daun sirih ini dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau mulut dengan cara sebagai obat kumur. Atau dapat juga dengan mengunyah 1 - 2 lembar daun sirih tersebut selama beberapa menit dan kemudian dikeluarkan.

Obat diabetes
Daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat diabetes untuk menurunkan kadar gula darah ke tingkat normal. Caranya adalah dengan meminum air rebusan 2 - 3 lembar daun sirih tersebut secara rutin tiga kali sehari.
 
Mencegah Kanker
Kandungan senyawa alkoloid yang terdapat pada Daun Sirih Merah juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Cara penggunaannya masih sama , yaitu dengan meminum air rebusan 5 - 10 lembar daun sirih dengan segelas air. Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, air rebusan ini diminum cukup satu kali dalam sehari secara rutin.

1 komentar:

Site Information