• home
Home » » Tumbuh-tumbuhan Penyubur Rambut III

Tumbuh-tumbuhan Penyubur Rambut III

Sangat banyak tumbuh-tumbuhan dialam ini yang memiliki khasiat sebagai penyubur rambut, mulai dari daun, batang, buah, biji maupun akarnya. Berikut ini adalah beberapa tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai penyubur rambut, yaitu :

1. Minyak Kelapa dan Jeruk Melon.


Minyak kelapa memang terkenal banyak khasiatnya untuk kesehatan, dan begitu juga jeruk melon merupakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin yang juga baik untuk kesehatan. Perpaduan keduanya menghasilkan khasiat yang berguna untuk penyubur rambut.

Pembuatan ramuan obat untuk penyubur rambut dengan memanfaatkan campuran minyak kelapa dengan jeruk melon adalah sebagai berikut :
Ambilah satu sendok makan  minyak kelapa dan satu buah jeruk melon. Jeruk melon dicuci hingga bersih dan kemudian diperas untuk mendapatkan airnya. Air jeruk perasan tersebut kemudian dicampur dengan satu sendok minyak kelapa dan diaduk sampai tercampur rata. Kemudain campuran tersebut dioleskan kekulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilaslah rambut sampai bersih.

2. Kemiri


Lebih sering ditemukan didapur sebagai bumbu untuk penyedap masakan, buah kemiri juga memiliki khasiat sebagai penyubur rambut. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

Ambillah 5 - 6 biji kemiri, kemudian ditumbuk hingga halus sambil menambhakan air secukupnya hingga terbentuk adonan kental. Kemudian adonan tersebut dimasak  , hingga menggeluarkan minyak. Minyak inilah yang memiliki khasiat sebagai penyubur rambut. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan minyak tersebut kekulit kepala secara merata sambi dipijit-pijit. Biarkan selama setengah jam supaya minyak tersebut meresap kekulit kepala dan akar rambut, kemudian bilaslah rambut hingga bersih. Pengobatan ini dapat dilakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

3. Seledri


Selain sebagai bumbu, tumbuhan seledri baik batang maupun daunnya juga berkhasiat untuk penyubur rambut. Caranya adalah dengan membersihkan beberapa lembar daun dan tangkai seledri hingga bersih, dan seterusnya ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut dibalurkan kekulit kepala hingga merata sambil dipijit-pijit. Biarkan selama lebih kurang 30 menit agar khasiat batang fdan daun seledri tersebut meresap hingga akar rambut dan kemudian bilasl dan cucilah rambut hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin lebih kurang 3 kali seminggu, akan terasa khasiatnya bagi kesuburan rambut.



4. Merang Padi 

Untuk kesehatan rambut dan menyuburkan rambut, merang padi dapat dimanfaatkan dengan cara mengaduknya dengan air jeruk nipis. Cara pembuatannya adalah dengan membakar segenggam merang padi hingga menjadi abu. Abu merang padi tersebut kemudian direndam dengan air bersih dan simpan ditempat yang sejuk hingga keesokan harinya (semalam). Keesokan harinya saringlah air campuran abu merang padi tersebut dan campurlah dengan air perasan jeruk nipis. Gunakanlah air ini untuk membilas rambut dan membersihkan kulit kepala.




5. Madu

Sejak jaman dulu, madu dipercaya mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan senyawa kimianya, madu banyak digunakan orang untuk pengobatan baik dengan cara diminum langsung maupun dicampur dengan bahan lain. Untuk menyuburkan rambut, madu dapat dimanfaatkan dengan cara mengoleskan madu tersebut langsung kekulit secara merata kepada sambil dipjit-pijit dengan lembut. Setelah itu biarkan selama 30 menit dan kemudain bilaslah rambut hingga bersih.





6. Tali Putri


Tali Putri banyak kita temui disemak belukar, memili khasiat sebagai penyubur rambut. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun tali putri, bersihkan dan tumbuklah hingga mengeluarkan getah. Getah inilah nantinya yang akan dimanfaatkan untuk penyubur rambut dengan cara mengoleskannya kekulit kepala hingga merata sambil dipijit lebut. Biarkan selama lebih kurang 30 menit supaya cairannya meresap keakar rambut, kemudian bilaslah rambut hingga bersih.


0 komentar:

Posting Komentar

Site Information