• home
Home » , » Manfaat Bunga Matahari Untuk Pengobatan Disentri

Manfaat Bunga Matahari Untuk Pengobatan Disentri

Disentri merupakan penyakit akibat peradangan yang terjadi diusus (saluran pencernaan) yang menyebabkan gejala yang lebih luas, seperti : nyeri pada saat buang air besar, diare yang encer, buang air besar yang bercampur lendir dan  buang air besar yang bercampur darah.

Penyakit disentri dapat menular melalui makanan atau minuman yang terkena kotoran melalui perantara lalat yang membawa bibit penyakit penyakit (bakteri) dan hinggap pada makanan atau minuman tersebut.

Biji Bunga matahari yang  mengandung zat kimia seperti beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, benzopyrene sangat bermanfaat untuk pengobatan secara alami untuk penyembuhan penyakit disentri.

Pengobatan penyakit disentri dengan memanfaatkan biji bunga matahari dapat dilakukan dengan sebagai berikut :
1. Ambil dan bersihkan lebih kurang 30 gram biji bunga matahari
2. Biji bunga matahari tersbut diseduh dengan air panas dan ditim selama lebih kurang 1 jam.
3. Setelah 1 jam, angkat dan tambahkan gula batok secukupnya untuk pemanis kemudian diminum.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, disentri merupakan penyakit yang menular yang menyerang sistim pencernaan kita. Penyebaran penyakit ini melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi kotoran, seperti dihinggapi lalat yang membawa bibit penyakit. Meskipun pengobatannya cukup sederhana dengan memanfaatkan biji bunga matahari sebagai pengobatan alami untuk penyembuhan penyakit tersebut, namun pada penderita yang kronis perlu penangana yang lebih serius oleh ahli medis.

Karena disentri menular melalui perantara lalat, sangatlah penting untuk selalu menjagaa kebersihan lingkungan disekitar kita dan selalu menjaga kebersihan makanan maupun minuman.

Catatan : Karena kandungan kimianya, wanita hamil dilarang mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terbuat dari bagian bunga matahari, terutama sekali pada bagian bunganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Site Information